Skripsi
DAMPAK PEMBERIAN REWARD DAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 24 LAHAT
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pemberian reward terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 24 Lahat, dampak pemberian ice breaking terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 24 Lahat, dampak pemberian reward terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 24 Lahat, dampak pemberian ice breaking terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 24 Lahat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Quasi experimental sebagai metode penelitian yang digunakan. Desain penelitian menggunakan one shot case study. Subjek penelitian ini jumlahnya 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan post test. Teknik analisa data menggunakan rata-rata nilai. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak pemberian reward dan ice breaking terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 24 Lahat. Memberikan stiker bintang sebagai salah satu bentuk reward berhasil menggerakkan minat siswa, sehingga mereka menjadi lebih berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan agar dapat meraih stiker tersebut. Adanya ice breaking membuat suasana yang sebelumnya terasa monoton menjadi lebih ceria dan semangat, otak akan mengalami perubahan menjadi lebih fresh untuk memahami penjelasan materi dari pengajar. Terdapat dampak pemberian reward dan ice breaking terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 24 Lahat. Pemberian reward mendorong siswa untuk belajar, mengerjakan banyak soal dan akan membuat mereka mampu menjawab soal tes hasil belajar dengan baik. Penggunaan teknik ice breaking pada dasarnya bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa menjadi tertarik dan termotivasi untuk belajar materi yang sedang diajarkan. Saat siswa benar - benar fokus selama proses pembelajaran, hal ini dapat meningkatkan prestasi atau hasil belajar mereka.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000673 | T138420 | T1384202023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available