Skripsi
Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam menyelesaikan soal literasi matematika. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan subjek penelitiannya sebanyak 27 orang peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pemberian soal tes literasi matematika, dan wawancara. Analisis data difokuskan pada 3 orang peserta didik dengan masing-masing peserta didik mewakili kemampuan penalaran tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dalam kategori kemampuan penalaran yang tinggi mampu memunculkan semua indikator penalaran matematis yang diujikan yaitu melakukan manipulasi matematika, mengajukan dugaan, menyusun bukti, dan menarik kesimpulan dengan argumen yang logis. Peserta didik dalam kategori kemampuan penalaran yang sedang mampu memunculkan dua dari empat indikator penalaran matematis yang diujikan yaitu melakukan manipulasi matematika dan mengajukan dugaan. Sedangkan peserta didik dalam kategori kemampuan penalaran yang rendah kurang mampu memahami soal dan tidak memunculkan indikator kemampuan penalaran matematis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407001425 | T140349 | T1403492024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available