Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 2 SD DENGAN EGRA SEBAGAI ASESMEN DIAGNOSTIK DI KABUPATEN MUARA ENIM
Analisis Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas 2 SD dengan EGRA sebagai Asesmen Diagnostik di Kabupaten Muara Enim bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik EGRA sebagai asesmen diagnostik di Kabupaten Muara Enim dan mendeskripsikan kemampuan membaca peserta didik kelas II SD dengan EGRA sebagai asesmen diagnostik di Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes asesmen diagnostik membaca dengan menggunakan EGRA (Early Grade Reading Assesment). Sampel dalam peneltian ini adalah 287 peserta didik kelas 2 di Kabupaten Muara Enim. Tes EGRA yang dilakukan terdiri dari beberapa subtugas berdasarkan komponen literasi. yaitu pemahaman lisan, kosakata, fonik, kelancaran, pemahaman bacaan, dan alfabet. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan membaca peserta didik kelas II SD di Kabupaten Muara Enim yaitu pada subtugas pemahaman lisan peserta didik masih rendah, rata-rata skor peserta didik yaitu 1,68. Pada subtugas kosakata baik, skor rata-rata pengetahuan kosakata peserta didik yaitu 5,53. Pada subtugas fonik baik, rata-rata skor fonik kata bermakna yaitu 7,53 dan rata -rata skor fonik kata tak bermakana yaitu 6,36. Pada subtugas kelancaran peserta didik masih berada dibawah standar kelas, rata-rata skor kelancaran adalah 43,68 dari standar kelas 60. Pada subtugas pemahaman bacaan peserta didik masih rendah, rata-rata skor pemahaman bacaan yaitu1,29. Pada subtugas pengetahuan alfabet peserta didik mengetahui nama huruf dengan baik tetapi tidak mengetahui bunyi huruf, rata-rata pengetahuan alfabet nama huruf yaitu 42,32 dan rata-rata skor pengetahuan alfabet bunyi yaitu 10,36.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000504 | T138352 | T1383522023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available