Skripsi
STRATEGI GURU MENANAMKAN KONSEP EKOLITERASI DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI SMPN 1 INDRALAYA UTARA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru menanamkan ekoliterasi dalam pembelajaran PPKn di SMPN 1 Indralaya Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan empat narasumber. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan menggunakan uji kreadibilitas, uji tranferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyajian kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis maka dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi guru menanamkan konsep ekoliterasi dalam pembelajaran PPKn di SMPN 1 Indralaya Utara dengan cara menyusun tujuan pembelajaran untuk mengembangkan sikap empati peserta didik juga dengan kegiatan pembelajaran yang dikaitkan dengan ekoliterasi, mengelola pembelajaran secara berkelompok untuk berdiskusi menyelesaikan masalah ekoliterasi, pembelajaran secara langsung dan nyata dengan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan serta terdapat program sekolah meningkatkan ekoliterasi peserta didik, kemudian memberikan nilai tambah dari guru berupa nilai sikap jika peserta didik menjaga kelestarian lingkungan, beberapa kegiatan ini menghasikan peserta didik yang memiliki karakter ekoliterasi yakni karakter yang peduli dan peka terhadap kelestarikan lingkungan. Kata kuci : Strategi guru , Konsep Ekoliterasi, Pembelajaran PPKn
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407001111 | T139537 | T1395372024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available