Skripsi
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHARAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH LUAR BIASA-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG.
Sekolah luar biasa (SLB) merupakan wadah pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus untuk dapat mengenyam Pendidikan dengan konsep sosial yang sudah di wujudkan pemerintah agar anak berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan seperti anak-anak pada umumnya. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk Mengetahui kurikulum merdeka saat proses implementasi pada pembelajaran PJOK di SLB-B Negeri Pembina Palembang. Bagaimana proses implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran PJOK di SLB-B Negeri Pembina Palembang Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran PJOK SLB-B Negeri Pembina Palembang. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode yang cocok bagi peneliti dalam proses transisi kurikulum 13 menjadi kurikulum merdeka belajar sehingga peneliti bisa memahami proses pengimplementasian kurikulum merdeka belajar dan peneliti bisa mengamati apa saja hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar pada Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan di SLB-B Negeri Pembina Palembang Tahun Ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan guru PJOK Sekolah Luar Biasa Pembina Palembang. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Bapak Robi Irawan, S.Pd. Hasil Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SLB-B Negeri Pembina Palembang berdasarkan 3 instrumen, pertama instrumen penelaah perangkat pembelajaran dan administrasi sekolah dengan angka 93% kategori amat baik, kedua instrumen penelaah TP-ATP pembelajaran dengan angka 100% kategori amat baik, ketiga instrumen penelaah modul ajar pembelajaran dengan angka 90% kategori baik. Faktor pendukung Implementasi Kurikulum merdeka Sekolah Luar Biasa B Negeri Pembina Palembang menerapkan sistem Individualist Educational Program (IEP) mampu menghasilkan tujuan pemebelajaran dan capaian pembelajaran. Faktor penghambat Implementasi Kurikulum Merdeka Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Palembang dalam penerapan guru harus menganalisa dan memodifikasi pembelajaran untuk siswa tuna grahita dan autis dibutuhkan penyesuaian.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407001548 | T140216 | T1402162023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available