Text
Pengaruh latihan loncat boxes terhadap kemampuan lompat jauh tanpa awalan pada siswa putra kelas VIII cabang olahraga atletik SMP Negeri 13 Palembang
Skripsi ini berjudul“ Pengaruh Latihan Loncat Boxes Terhadap Kemampuan LompatJauh Tanpa Awalan Pada Siswa Putra Kelas VIII Cabang Olahraga Atletik Smp Negeri 13 Palembang”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Apakah latihan loncat boxes berpengaruh terhadap kemampuan lompat jauh tanpa awalan pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang?. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh latihan loncat Boxes terhadap kemampuan lompat jauh tanpa awalan pada siswa kelas VIII cabang olahraga atletik SMP Negeri 13 Palembang sesuai dengan jadwal dan metode latihan yang telah diberikan. Jenis penelitian ini kuasi eksperimen dengan design penelitian ini pretest, post test control. Dengan jumlah populasi seluruh siswa putra kelas kelas VIII di SMP Negeri 13 Palembang berjumlah 160 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok dengan menggunakan teknik ordinal pairing, yaitu 20 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan latihan loncat boxes dan 20 siswa sebagai kelompok control tidak diberi perlakuan. Instrument yang digunakan adalah dengan tes kemampuan lompat jauh tanpa awalan (Standing Board Jump). Sedangkan teknis analisis data menggunakan uji statistic normalitas sampel, uji statistic homogenitas sampel, uji statistic Hipotesis dan uji t. kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa latihan loncat boxes mempengaruhi kemampuan lompat jauh tanpa awalan, dengan adanya peningkatan rata-rata yang siknifikan pada kelompok eksperimen sebesar 15,2 dan hasil uji hipotesis hasil penghitungan statistic uji t didapat hasil 10,3200 dengan criteria pengujian terima H1 jikat hitung > t table (1-α), dan terima H0 jika t hitung < t table (1-α) dimana t (1-α) adalah t yang terdapat didalam table distribusi t dengan dk =n1+n2-2 dan peluang (1−). T hitung yang diperoleh adalah 10,3200 sedangkan t (0,95) (38) adalah t yang didapat dari table distribusi t dengan dk=38 dan taraf kepercayaan 95%(α=0,05) berdasarkan table nilai t (0,95)(38)=1,70. Karena t hitung (10,3200) > t table (1,70) maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian maka hipotesis Ho ditolak dan Hipotesis H1 diterima. Pernyataan H1 yaitu“ terdapat pengaruh yang siknifikan pada latihan loncat boxes terhadap kemampuan Lompat jauh tanpa awalan (standing board jump) pada siswa putra kelas VIII cabang olahraga atletik SMP Negeri 13 Palembang
No copy data
No other version available