Skripsi
HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Studi yang ada menunjukkan bahwa transisi kemampuan berpikir aritmatika menuju kemampuan berpikir aljabar mengharuskan siswa untuk melakukan banyak penyesuaian. Perubahan paradigma siswa dalam mempelajari aljabar mengindikasikan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam berkomunikasi lisan secara matematis. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan berpikir aljabar dan kemampuan komunikasi matematis lisan siswa melalui pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan sampel siswa kelas VIII.8 SMP Negeri 24 Palembang sebanyak 29 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal tes kemampuan berpikir aljabar serta pedoman wawancara kemampuan komunikasi matematis lisan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier untuk memperoleh koefisien determinasi dan korelasi, serta uji t koefisien korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat sebesar 0.75 antara kemampuan berpikir aljabar dan kemampuan komunikasi matematis lisan siswa melalui model pembelajaran problem based learning, dengan kontribusi kemampuan berpikir aljabar terhadap kemampuan komunikasi matematis lisan siswa sebesar 56%.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407001351 | T139828 | T1398282024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available