Skripsi
ANALISIS PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 9 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan program sekolah ramah anak di SMP Negeri 9 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan informan yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa analisis penerapan program sekolah ramah anak di SMP Negeri 9 Palembang sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan indikator sekolah ramah anak yaitu kebijakan sekolah ramah anak memiliki mekanisme pengaduan, tata tertib dan upaya mengatasi kekerasan. Pendidik dan tenaga kependidikan mendapatkan sosialisasi dan pelatihan mengenai sekolah ramah anak. Pelaksanaan proses belajar yang ramah dengan memperhatikan hak anak tanpa diskriminasi. Sarana dan prasarana sekolah yang tidak membahayakan anak dan memberikan rasa nyaman terhadap anak. Anak terlibat dalam menerapkan program sekolah ramah anak dan anak berani untuk melaporkan kejadian yang ada di sekolah. Orang tua, alumni, organisasi masyarakat, dunia usaha berpartisipasi untuk mendukung program sekolah ramah anak. Kata Kunci: Analisis, Penerapan, Sekolah Ramah Anak
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407001072 | T139840 | T1398402023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available