The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI FUNGSI KUADRAT

Skripsi

KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI FUNGSI KUADRAT

Dari, Ulan - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Kemampuan computational thinking menjadi kemampuan yang penting pada abad ke 21. Kemampuan computational thinking tidak hanya digunakan pada ilmu komputer saja melainkan dapat digunakan pada disiplin ilmu lainnya, termasuk matematika. Namun, pembelajaran matematika sebagian besar belum berorientasi pada kemampuan computational thinking. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan computational thinking siswa kelas X dalam menyelesaikan masalah pada materi fungsi kuadrat dan mendeskripsikan kontribusi pembelajaran yang diberikan oleh guru pada materi fungsi kuadrat terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas X. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan data penelitian diperoleh melalui observasi, tes tertulis, dan wawancara. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X. 3 SMAN 1 Indralaya berjumlah 38 orang. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan computational thinking siswa kelas X. 3 masuk pada kategori sedang dengan persentase 68,42% walaupun keempat indikator dari kemampuan computational thinking muncul tetapi yang paling sering adalah algoritma. Lalu, pembelajaran guru memiliki keterkaitan yang baik terhadap kemampuan computational thinking yaitu guru menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran project based learning pada saat proses pembelajaran, menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi, dan melakukan pendekatan pembelajaran (student centered) tetapi dari hasil tes tertulis siswa menampilkan ketidakselarasan dikarenakan beberapa sebab sehingga pembelajaran guru pada materi fungsi kuadrat membuat siswa mempunyai kemampuan algoritma pada computational thinking.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2407001006T139343T1393432023Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1393432023
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2023
Collation
xiv, 152 hlm.; ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
510.07
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pembelajaran Matematika
Prodi Pendidikan Matematika
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
KHARISMA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI FUNGSI KUADRAT
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search