Skripsi
KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI FUNGSI KUADRAT
Kemampuan computational thinking menjadi kemampuan yang penting pada abad ke 21. Kemampuan computational thinking tidak hanya digunakan pada ilmu komputer saja melainkan dapat digunakan pada disiplin ilmu lainnya, termasuk matematika. Namun, pembelajaran matematika sebagian besar belum berorientasi pada kemampuan computational thinking. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan computational thinking siswa kelas X dalam menyelesaikan masalah pada materi fungsi kuadrat dan mendeskripsikan kontribusi pembelajaran yang diberikan oleh guru pada materi fungsi kuadrat terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas X. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan data penelitian diperoleh melalui observasi, tes tertulis, dan wawancara. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X. 3 SMAN 1 Indralaya berjumlah 38 orang. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan computational thinking siswa kelas X. 3 masuk pada kategori sedang dengan persentase 68,42% walaupun keempat indikator dari kemampuan computational thinking muncul tetapi yang paling sering adalah algoritma. Lalu, pembelajaran guru memiliki keterkaitan yang baik terhadap kemampuan computational thinking yaitu guru menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran project based learning pada saat proses pembelajaran, menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi, dan melakukan pendekatan pembelajaran (student centered) tetapi dari hasil tes tertulis siswa menampilkan ketidakselarasan dikarenakan beberapa sebab sehingga pembelajaran guru pada materi fungsi kuadrat membuat siswa mempunyai kemampuan algoritma pada computational thinking.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407001006 | T139343 | T1393432023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available