Skripsi
PENGEMBANGAN MODEL MEDIA PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW BERBASIS WEB DI SMA MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG
Penelitian menghasilkan produk berupa media pembelajaran sepak takraw berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan media pembelajaran sepak takraw berbasis web. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan metode pengembangan sugiyono. Prosedur pengembangan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi terbatas. Produk media pembelajaran berbasis web pada pembelajaran sepak takraw telah dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dengan nilai rata-rata 3.7 dengan kategori “sangat valid”, ahli media dengan rata-rata 3.27 dengan kategori “valid”, uji coba lapangan skala kecil diperoleh rata-rata 4.65 dengan kategori “sangat baik, uji coba lapangan skala besar diperoleh rata-rata 4.82 dengan kategori “sangat baik” untuk uji praktis. Uji coba efektif dilakukan pada 47 siswa dan didapatkan skor rata-rata N(gain) yaitu 0.848 dengan kategori “tinggi”, persentase N(gain) skor yaitu 84.8% dengan kategori ”efektif”. Keefektifan media pembelajaran sepak takraw berbasis web dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa berdasarkan data hasil evaluasi pretest dan posttest.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000578 | T137623 | T1376232022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available