Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KASIH IBU PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan media flashcard pada anak kelompok B di TK Kasih Ibu Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Kasih Ibu Palembang yang berjumlah 13 orang anak yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)observasi, (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjuk bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat di ukur dari evaluasi I, dan II dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 49,99% dan siklus II sebesar 74,03%, dengan indikator keberhasilan 70% maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Saran dalam penelitian ini, hendaknya guru menggunakan media flashcard dalam pembelajaran membaca permulaan pada anak karena dengan menggunakan media flash card dapat membantu anak dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407001332 | T140459 | T1404592023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available