Skripsi
ANALISIS STRUKTUR ARGUMENTASI GEOMETRIS SISWA SMP PADA MATERI KESEBANGUNAN DENGAN MODEL TOULMIN
Penelitian ini berfokus pada struktur argumentasi geometris siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat argumentasi yang dimiliki oleh siswa SMP. Argumentasi geometris dapat dilihat melalui alur pembuktian geometri yang disusun oleh siswa. Melalui pembuktian geometri yang disusun oleh siswa akan dilihat berbagai komponen argumentasi. Komponen argumentasi yang menjadi acuan dalam menganalisis pembuktian yang disusun oleh siswa adalah komponen argumentasi model Toulmin. Komponen tersebut berupa claim, evidence, warrant dan backing. Selain komponen tersebut, Indikator lain yang menjadi bahan analisis adalah keruntutan pembuktian yang disusun siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Lalan dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa kelas IX. Pada tahapan tes, siswa diminta mengerjakan soal geometri yang berkaitan dengan pembuktian. Jawaban berupa pembuktian geometri yang disusun siswa selanjutnya dianalisis sesuai dengan indikator yang berkaitan dengan komponen model Toulmin. Hasil analisis menunjukkan bahwa kebanyakan siswa kelas IX terkategori level 4, artinya siswa telah mampu menyusun argumentasi dengan baik. Meskipun demikian, tidak sedikit jawaban siswa yang masih terdapat berbagai kesalahan. Kesalahan yang ditemui dalam jawaban siswa yaitu kesalahan penulisan simbol hingga kesalahan melakukan operasi hitung. Selain kesalahan pada jawaban siswa, keterbatasan waktu juga menjadi faktor yang mempengaruhi siswa dalam menyusun pembuktian matematika.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000431 | T138179 | T1381792024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available