Skripsi
IDENTIFIKASI MEDIA DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK YAYASAN WANITA KERETA API PALEMBANG
Hadirnya revolusi industri 4.0 menjadi tantangan sekaligus peluang dalam dunia pendidikan, pun dalam bimbingan dan konseling inovasi dalam pemberian layanan juga turut mengalami perkembangan. Salah satunya adalah dengan menggunakan media bimbingan dan konseling agar pemberian layanan bimbingan dan konseling menjadi lebih variatif dan tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi media dalam layanan bimbingan dan konseling yang ditujukan kepada siswa kelas X dan XI SMK Yayasan Wanita Kereta Api Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 214 siswa, dengan sampel sebanyak 68 siswa yang didapat menggunakan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner identifikasi media dengan menggunakan Skala Guttman melalui google form. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diolah mengenai identifikasi media bimbingan dan konseling, diperoleh data dengan persentase 22% yaitu sebanyak 15 orang masuk kategori tinggi, 60% yaitu sebanyak 41 orang masuk kategori sedang, dan 18% yaitu sebanyak 12 orang masuk kategori rendah. Maka hasil dari analisis data peneliti dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat dalam mengidentifikasi media yang ditujukan kepada kelas X dan XI SMK Yayasan Wanita Kereta Api Palembang dominan berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada pihak sekolah untuk dapat memastikan kembali secara fungsional maupun kelengkapan media yang tersedia, serta guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat memberikan sosialisasi kepada seluruh personel bimbingan dan konseling terkait adanya media di SMK Yayasan Wanita Kereta Api Palembang. Kata Kunci: Bimbingan dan konseling, Media, Peserta Didik
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000253 | T137570 | T1375702023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available