Skripsi
KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS VIII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar pada materi sistem persamaan linear dua variabel melalui langkah-langkah model pembelajaran creative problem solving (CPS) yang meliputi klarifikasi masalah, pengungkapan pendapat, evaluasi dan pemelihan serta implementasi menggunakan lembar kerja peserta didik. Subjek penelitiannya adalah siswa SMP Negeri 02 Sembawa kelas VIII-7 pada tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah tes tertulis dan wawancara. Kemampuan berpikir aljabar meliputi aktivitas generasional, tranformasional dan level meta-global. Setelah dilakukannya pembelajaran dengan model pembelajaran CPS pada materi SPLDV di kelas VIII-7 SMP Negeri 02 Sembawa, kemampuan berpikir aljabar yang dimiliki siswa terkategori sedang. Indikator yang paling banyak muncul pada siswa di kelas adalah indikator generasional terkategori tinggi karena siswa mampu menuliskan permisalan dan persamaan dengan baik. Untuk indikator transformasional siswa terkategori sedang karena beberapa siswa belum mampu mengubah persamaan ke persamaan yang ekuivalen dan melakukan operasi aljabar dengan baik. Untuk indikator level meta global terkategori sedang juga, karena beberapa siswa kebingungan untuk mencari hubungan dari apa yang ditanyakan dan yang mereka dapatkan karena mereka masih mengalami kesulitan dalam memahami makna dari aljabar. Kata-kata kunci: Kemampuan berpikir aljabar, sistem persamaan linear dua variabel, creative problem solving.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000651 | T138507 | T1385072024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available