Skripsi
PENGEMBANGAN E-LKM MATERI ONLINE ASSESSMENT BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja mahasiswa elektronik (E-LKM) materi online assessment untuk mahasiswa Pendidikan kimia mata kuliah pengelolaan kelas digital berbasis project based learning yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), Perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 50 mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia semester 5 yang mengambil mata kuliah pengelolaan kelas digital. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, angket, walktrough, dan tes. Teknik analisis data menggunakan momen kappa, persentase kepraktisan skala likert, dan N-gain. Hasil pada tahap expert appraisal menunjukkan hasil kevalidan desain memiliki rerata kooefisien Kappa sebesar 1,00 dengan kategori sangat baik, dan kevalidan desain memiliki rerata kooefisien Kappa sebesar 0,93 dengan kategori sangat baik. Kepraktisan pada tahap development testing I memiliki rerata persentase kepraktisan sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil development testing II memperoleh hasil skor N-Gain sebesar 0,62 dengan kategori keefektifan sedang. Berdasarkan nilai yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa produk E-LKM yang dikembangkan adalah valid, praktis, dan efektif.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407001723 | T141420 | T1414202024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available