Skripsi
ANALISIS PERSEPSI GURU SD KECAMATAN TANJUNG LUBUK TERHADAP PEMANFAATAN CHATGPT DALAM PENDIDIKAN
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kehadiran AI yang dikembangkan oleh OpenAI dengan nama ChatGPT. ChatGPT merupakan ChatBot yang selain dapat mensimulasikan percakapan ChatGPT juga dapat melakukan berbagai hal lain tergantung perintah yang dimasukkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dari guru SD terhadap ChatGPT yang dapat dimanfaatkan dalam bidang Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen berupa angket. Hasil analisis dari data yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Aspek pengetahuan dan pemahaman mendapat rata-rata 1,79 dengan standar deviasi 0,80 yang masuk kategori rendah. (2) Aspek persepsi tentang potensi penggunaan ChatGPT mendapat rata-rata 3,09 dengan standar deviasi 0,67 yang masuk pada kategori tinggi. (3) Aspek persepsi tentang kemudahan penggunaan ChatGPT mendapat rata-rata 2,78 dengan standar deviasi 0,84 yang masuk pada kategori tinggi. (4) Aspek sikap terhadap ChatGPT mendapat rata-rata 2,86 dengan standar deviasi 0,68 yang masuk pada kategori tinggi. (5) Aspek minat ChatGPT mendapat rata-rata 2,99 dengan standar deviasi 0,68 yang masuk pada kategori tinggi. (6). Aspek pengalaman menggunakan ChatGPT mendapat 11 jawaban responden yang berarti masih sedikit responden yang pernah menggunakan ChatGPT. Berdasarkan hasil dari analisis data maka dapat disimpulkan bahwa guru SD Kecamatan Tanjung Lubuk memiliki persepsi positif terhadap penggunaan ChatGPT dalam pendidikan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000718 | T139041 | T1390412024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available