Skripsi
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN E-MODUL BERBASIS LITERASI MATEMATIKA
Hasil studi internasional dan penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya sumber belajar yang berfokus pada peningkatan kemampuan penalaran matematis. Rendahnya kemampuan penalaran matematis juga berkaitan erat dengan kemandirian belajar. Aspek yang dapat menunjang kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar peserta didik adalah e-modul dan literasi matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari kemandirian belajar melalui penggunaan e-modul berbasis literasi matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek sebanyak 32 peserta didik kelas 8 SMPN 17 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemandirian belajar tinggi juga mempunyai kemampuan penalaran matematis tinggi dengan menunjukkan seluruh indikator kemampuan penalaran matematis. Sementara itu, peserta didik dengan kemandirian belajar sedang memiliki kemampuan penalaran matematis sedang dengan menunjukkan dua indikator kemampuan penalaran matematis dan peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah memiliki kemampuan penalaran matematis rendah dengan menunjukkan satu indikator kemampuan penalaran matematis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000650 | T138250 | T1382502024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available