Skripsi
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI KELAS V SDN 16 TANJUNG BATU
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif articulate storyline berbasis problem based learning pada materi sistem pencernaan pada manusia di kelas V di SDN 16 Tanjung Batu serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi adalah 97,5% dengan kategori valid, ahli media adalah 95% dengan kategori valid, dan praktisi guru kelas adalah 97,2% dengan kategori valid. Rekapitulasi penilaian dari para validator diperoleh presentase nilai rata-rata sebesar 97,2% yang masuk kategori sangat valid. Kepraktisan penggunaan produk didapat dari hasil uji coba kepada 20 orang peserta didik kelas V di SD Negeri 16 Tanjung Batu yang dilakukan dengan dua tahap. Uji coba I mendapatkan nilai 100% dengan kategori sangat praktis, dan uji coba II mendapatkan nilai 96,87% dengan kategori sangat praktis. Persentase yang didapat pada tahap uji coba mendapatkan nilai rata – rata sebesar 97,5% yang dapat dikategorikan sangat praktis. Dari hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa Multimedia Interaktif Articulate Storyline Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia di Kelas V di SDN 16 Tanjung Batu layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran di sekolah.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000419 | T138168 | T1381682023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available