Skripsi
PENGEMBANGAN METODE AHP KOMBINASI CHARACTERISTIC OBJECT METHOD UNTUK MENGATASI RANK REVERSAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PERGURUAN TINGGI.
Analytical Hierarchy Process (AHP), salah satu jenis metode Multi Criteria Decision Making (MCDM) dan merupakan metode yang sangat sering digunakan. Permasalahan yang muncul pada AHP adalah kerentanan AHP terhadap adanya kemungkinan rank reversal atau pembalikan peringkat yang kerap terjadi. Rank Reversal Phenomenon (RRP) yaitu fenomena yang terjadi ketika suatu alternatif ditambahkan atau dihapus, mengakibatkan adanya perubahan urutan peringkat terhadap hasil, dan RRP merupakan suatu hal yang tidak dapat diterima. Banyak peneliti telah menciptakan metode baru untuk menghilangkan rank reversal, namun hingga saat ini masih ada penelitian yang menyangkal bahwa metode baru yang dihasilkan oleh peneliti terdahulu tersebut bebas dari rank reversal. Metode Characteristic Object Method (COMET) merupakan metode yang diklaim bebas dari fenomena RRP, dengan menggunakan penerapan characteristic value dan characteristic object pada kriteria, dapat menjadi solusi bagi AHP yang memiliki masalah RRP. Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan COMET ke AHP yang dinamakan C-AHP, khususnya pada fase pembentukan characteristic value dan characteristic object yang ditambahkan pada fase AHP sehingga akan berdampak pada pengambilan keputusan. Studi kasus penelitian adalah strategi pemasaran digital Perguruan Tinggi Swasta di kota Palembang. C-AHP diuji dengan metode pengujian case based. Hasil akhir berdasarkan penggunaan metode C-AHP dalam pengambilan keputusan adalah ranking keputusan yang stabil dan konsisten terhadap RRP. Pengujian validitas dilakukan terhadap C-AHP untuk mengukur sejauh mana metode C-AHP dapat diandalkan dengan menggunakan analisis sensitivitas. Kata Kunci : Rank Reversal, Kombinasi, Metode, AHP, COMET, Pemasaran digital
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407001417 | T140544 | T1405442024 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available