Skripsi
NILAI KREATIF SISWA PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII.
Nilai kreatif siswa masih tergolong rendah dikarenakan proses pembelajaran belum terealisasi dengan baik yang berarti kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga nilai kreatif siswa belum berkembang secara maksimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu caranya adalah dengan memilih model pembelajaran yang tepat untuk mengintegrasikan nilai-nilai kreatif, misalnya model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai kreatif siswa SMP pada model pembelajaran Problem Based Learning pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Nilai kreatif yang difokuskan dalam penelitian ini adalah nilai kreatif originality dan kreatif flexibility. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 45 Palembang dengan menggunakan instrumen tes tertulis dan wawancara. Data dikumpulkan melalui tes, dan wawancara, lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kreatif yang paling banyak muncul di dalam pembelajaran materi relasi dan fungsi dengan model pbl adalah nilai kreatif originality, sedangkan nilai kreatif yang jarang muncul adalah nilai kreatif flexibility. Hal ini disebabkan pembelajaran menggunakan problem based learning memberikan kesempatan bagi siswa menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru, mengeksplorasi dan mengekspresikan pikirannya dalam bentuk karya akan tetapi siswa jarang menghasilkan solusi alternatif dengan mengadaptasi berbagai gagasan ketika dihadapi dengan situasi dan permasalahan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000755 | T139005 | T1390052024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available