Skripsi
EFEKTIVITAS SENAM IRAMA BERNADA TERHADAP KETRAMPILAN MOTORIK ANAK USIA DINI
ABSTRAK Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini Untuk mengetahui Keefktifan, pengembangan model gerakan Senam Irama Bersama Nadia terhadap Ketrampilan Motorik Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini menghasilkan suatu produk media CD/DVD dan Buku Panduan Senam irama yang berisi model gerakan senam irama yang akan meningkatkan minat dan motivasi anak dalam melakukan gerakan senam di TK IT Mutiara. Tahap 1 (Analisis) yaitu digunakan untuk mengindentifikasikan masalah yang dihadapi, pada tahap ini dilakukan yaitu analisis kebutuhan dan karakteristik anak. Dari analisis kebutuhan ketahui bahwa terbatasnya minat anak dalam melakukan gerakan senam. tahap 2 (Design) selanjutnya yaitu setelah melakukan analisis permasalahan barulah kemudian mendesain model gerakan senam irama yang berupa sebuah video gerakan senam irama. Tahap selanjutnya yaitu tahap 3 (Development) pada tahap pengembangan ini meliputi validasi dengan menggunakan lembar validasi yang dilakukan oleh validator ahli yakni Ahli Senam. Tahap berikutnya yaitu tahap ke 4 (Implementasi) yaitu melakukan uji coba terhadap anak TK IT Mutiara dengan 16 anak. Berikutnya tahapan terahir dari model pengembangan ADDIE yaitu tahap ke 5 (Evaluasi) yaitu tersusunlah produk akhir dari pengembangan model gerakan senam irama pada TK IT Mutiara Palembang. Kata kunci: Senam Irama Bernada, Keterampilan Motorik, Pendidikan Anak Usia Dini, Efektivitas. ABSTRACT The objectives of this study are to determine the effectiveness, development of the Rhythmic Gymnastics movement model with Nadia on Early Childhood Motor Skills. This research uses an R&D (Research and Development) research approach using the ADDIE model. This research produced a CD / DVD media product and a rhythmic gymnastics guidebook that contains a model of rhythmic gymnastics movements that will increase children's interest and motivation in doing gymnastics movements at IT Mutiara Kindergarten. Stage 1 (Analysis) is used to identify the problem at hand, at this stage it is carried out which is an analysis of the needs and characteristics of the child. From the needs analysis, know that the child's limited interest in doing gymnastic movements. The next stage 2 (Design) is after analyzing the problem, then design a rhythmic gymnastics movement model in the form of a video of rhythmic gymnastics movements. The next stage, namely stage 3 (Development) at this development stage, includes validation using validation sheets carried out by expert validators, namely gymnastics experts. The next stage is stage 4 (Implementation), which is to conduct trials on Mutiara IT Kindergarten children with 16 children. Next, the last stage of the ADDIE development model is stage 5 (Evaluation), which is the final product of the development of the rhythmic gymnastics movement model at TK IT Mutiara Palembang. Keywords: Rhythmic gymnastics, motor skills, early childhood education, effectiveness
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000152 | T131140 | T1311402023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available