Skripsi
PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN EDUKATIF SISWA DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG
Pendidikan adalah sarana atau jembatan untuk manusia agar dapat mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang didapat. Salah satu bentuk media pembelajaran ialah perpustakaan digital, yang menjadi bagian dari inovasi pengembangan perpustakaan dibangun guna menarik masyarakat pengguna dalam jumlah besar. Penelitian ini disusun karena kurangnya e-book atau buku digital untuk siswa di Sekolah Menegah Atas khususnya di SMK Negeri 2 Palembang. Penelitian termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D). Intrumen pada penelitian ini terdiri dari dua jenis. Pertama adalah intrumen lembar kevalidan produk yang ditujukan kepada ahli media dan ahli materi. Kedua adalah instrumen kepraktisan dan keefektifan yang ditujukan kepada siswa SMK Negeri 2 Palembang khususnya kelas X sebagai responden. Dimana penelitian ini memperoleh hasil produk berupa Website Perpustakaan Digital pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), yang mana telah dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dengan nilai rata-rata 4,4 dengan kategori “sangat praktis”, ahli media dengan rata-rata 4,6 dengan kategori “sangat praktis”, uji coba skala kecil diperoleh rata-rata 4,1 dengan kategori “sangat praktis”, serta uji coba skala besar diperoleh rata-rata 4,175 dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil tersebut perpustakaan berbasis digital praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media pembelajaran, metode R&D, perpustakaan, PJOK.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000295 | T137448 | T1374482023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available