Skripsi
KEMAMPUAN LITERASI DAN PEMODELAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 RAMBUTAN
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi dan pemodelan matematika peserta didik yang ada di SMPN 1 Rambutan. Dalam mengukur kemampuan literasi matematika siswa digunakan konteks Kampoeng Yasaman Cindo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Rambutan di kelas VIII.3 dengan melibatkan sebanyak 21 orang siswa sebagai subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 butir soal tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya terdapat satu model yang seragam digunakan oleh siswa, mayoritas siswa menggunakan model matematika secara langsung yang menuju pada hasil penyelesaian suatu permasalahan. Hasil data tes menunjukkan bahwasannya siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis kemampuan literasi menggunakan model matematika dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang menggunakan konteks. Proses penyelesaian yang dilakukan siswa dimulai dengan interpretasi yang merupakan proses menerjemahkan soal berbasis literasi matematika kedalam bahasa matematika sehingga dapat dihitung penyelesainnya secara langsung yang sesuai dengan framework PISA yaitu merumuskan, menerapkan dan menafsirkan. Terdapat 3 tipe kelompok berbeda yang dihasilkan dari data penelitian dilihat dari jawaban yang diberikan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dengan tepat, kelompok tipe pertama terdapat 1 orang, kelompok tipe kedua terdapat 19 orang, dan kelompok tipe ketiga terdapat satu orang. Berdasarkan dengan konten dan konteks literasi matematika dalam framework PISA.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000644 | T138632 | T1386322024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available