Skripsi
ANALISIS KOMPETENSI LITERASI SAINS MAHASISWA CALON GURU PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kompetensi literasi sains yang dimiliki mahasiswa pendidikan fisika sebagai calon guru fisika pada pelaksanaan praktikum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan fisika Universitas Sriwijaya dengan sampel penelitian ialah mahasiswa semester 5 pada mata kuliah praktikum fisika sekolah sebanyak 41 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang disesuaikan dengan langkah-langkah praktikum serta aspek dan indikator kompetensi literasi sains dalam Framework PISA 2015. Hasil kompetensi literasi sains mahasiswa pada aspek menjelaskan fenomena secara ilmiah yaitu sebanyak 55,45% mahasiswa termasuk kategori tepat dan baik dalam melaksanakan praktikum, pada aspek mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah yaitu sebanyak 77,25% mahasiswa termasuk kategori tepat dan baik, dan pada aspek menafsirkan bukti dan data secara ilmiah yaitu sebanyak 72,72% mahasiswa termasuk kategori tepat dan baik. Melalui penelitian ini, dijelaskan bahwa kompetensi literasi sains mahasiswa calon guru fisika terhadap pelaksanaan praktikum khususnya praktikum materi Hukum Archimedes sudah baik dan perlu dipertahankan serta ditingakatkan. Hal ini dapat membantu dalam meningkatkan persiapan guru dalam mengajar fisika di sekolah, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan sains di tingkat sekolah. Kata Kunci: Kompetensi Literasi Sains, Framework PISA 2015, Praktikum.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407001839 | T141782 | T1417822024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available