Skripsi
PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR MANUFAKTUR DI KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 4 PALEMBANG
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian tipe one group pretest-posttest atau tes awal – tes akhir kelompok tunggal dengan sampel dipilih secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran blended learning dalam mata pelajaran gambar manufaktur mempengaruhi hasil belajar siswa dimana nilai rata-rata siswa sebelum diberikan model pembelajaran blended learning sebesar 47,91 dan setelah diberikan model pembelajaran blended learning sebesar 76,1. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa harga thitung sebesar 13,29 pada taraf signifikansi 5 % dengan df = 30 maka ttabel didapatkan sebesar 1,697. Karena harga thitung lebih besar dibandingkan dengan harga ttabel (13,29 > 1,697) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran blended learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada saat masa pandemic covid-19, karena dari hasil analisis model pembelajaran blended learning memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI teknik pemesinan SMK Negeri 4 Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307006852 | T70966 | T709662022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available