Skripsi
PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengembangan media pembelajaran ekonomi program studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020 Universitas Sriwijaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya Angkatan 2020 yang berjumlah 72 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling dimana seluruh jumlah populasi digunakan sebagai sampel yang berjumlah 72 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas instrument dengan menggunakan rumus Product Moment dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil pada penelitian menunjukan bahwa data literasi digital yang diperoleh terkategori baik dengan presentase rerata sebesar 76,19% dan hasil belajar menunjukan rerata 86,95 yang terkategorikan sangat baik. Analisis data menggunakan Uji-t menunjukan bahwa t_(hitung )= 2,198 ≥ t_(tabel )= 1,669 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengembangan media pembelajaran ekonomi program studi pendidikan ekonomi angkatan 2020 universitas sriwijaya. Berdasarkan penelitian ini diharapkan agar mahasiswa meningkatkan pengetahuan literasi digital dengan lebih baik lagi agar hasil belajar mahasiswa meningkat lebih baik lagi. Kata Kunci : Hasil Belajar, Literasi Digital.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307001415 | T92815 | T928152023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available