Skripsi
DESAIN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT YANG MENGINTEGRASIKAN MEDIA DIGITAL DAN KONVENSIONAL UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain aktivitas pembelajaran matematika yang mengintegrasikan media digital dan konvensional yang valid dan praktis, dan memiliki efek potensial pada kemampuan literasi matematika siswa terhadap materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan model ADDIE, yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Toboali dengan subjek siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu walkthrough, angket, dan tes. Berdasarkan hasil validasi kepada validator, didapat hasil validasi atau data walktrough rata-rata kevalidan RPP sebesar 88,7% dengan kriteria sangat valid, kemudian hasil validasi LKPD sebesar 85,8% dengan kriteria sangat valid dan soal tes sebesar 88,1% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil angket kepraktisan terhadap pelaksanaan aktivitas pembelajaran, diperoleh persentase dengan rata-rata sebesar 88,8% dengan kriteria sangat praktis, kemudian hasil perhitungan angket kepraktisan LKPD sebesar 87,3% dengan kriteria sangat praktis. Desain aktivitas pembelajaran yang telah dikembangkan juga memiliki efek potensial terhadap kemampuan literasi matematika siswa dilihat dari hasil tes siswa pada tahap field test diperoleh 14 siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 75 dengan persentase 58,3%, serta kemampuan literasi matematika siswa termasuk kategori cukup dengan rata-rata nilai 71,3.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307003693 | T86973 | T869732022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available