Skripsi
KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX MENGGUNAKAN KONTEKS HIPERTERMIA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME TABUNG
Kemampuan pemodelan matematika merupakan kemampuan inti literasi yang penting dimiliki siswa untuk menyelesaikan permasalahan dunia nyata secara matematis dengan tahapan pemodelan. Namun, kejadian di lapangan menunjukkan bahwa siswa tidak terbiasa dengan soal konteks dunia nyata sehingga persepsi siswa terhadap matematika sangat dangkal. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemodelan matematika siswa kelas IX SMP N 58 Palembang menggunakan konteks hipertermia pada materi luas permukaan dan volume tabung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif, berdasarkan indikator kemampuan pemodelan matematika. Pelaksanaan tempat penelitian di SMPN 58 Palembang dengan subjek penelitian terdiri dari 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya tes dengan soal uraian serta wawancara semi—struktur. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan kemampuan pemodelan matematika siswa kelas IX menggunakan konteks hipertermia pada materi luas permukaan dan volume tabung terkategori baik dengan nilai rata-rata 65,48. Penggunaan LKS praktikum berbasis pemodelan matematika dapat membantu siswa untuk memahami situasi dari konteks hipertermia dan konsep tabung.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307002053 | T106546 | T1065462023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available