Skripsi
PENGEMBANGAN SOAL-SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LEVEL 6 LITERASI MEMBACA MENGGUNAKAN QUIA WEB DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG
Penelitian pengembangan soal-soal asesmen kompetensi minimum level 6 literasi membaca menggunakan Quia Web di SMA Negeri 8 Palembang memiliki tujuan untuk 1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan peserta didik, 2) merancang soal AKM level 6 literasi membaca menggunakan Quia Web, 3) mendeskripsikan hasil validasi ahli, 4) mendeskripsikan hasil uji validitas dan reliabilitas soal, 5) mendeskripsikan hasil analisis butir soal. Penelitian ini menggunakan tahapan pengembangan hasil modifikasi metode pengembangan milik Gall, Gall & Borg (2003) dan Djiwandono (2011). Data penelitian ini berupa kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan dengan penyebaran angket kebutuhan dan hasil validasi ahli, sedangkan data kuantitatif didapatkan melalui hasil uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis butir soal. Soal AKM level 6 literasi membaca menggunakan Quia Web yang disusun sebanyak 50 butir soal dalam 5 bentuk yang berstandar HOST dan memperhatikan konten, konteks, serta kognitif. Hasil uji validasi ahli bahasa dan evaluasi, menunjukan bahwa soal AKM berkategori sangat layak, namun tetap harus dilakukan revisi. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas, 50 butir soal yang dibuat sudah valid dan reliabel. Sedangkan hasil analisis butir soal, menyatakan semua soal memiliki tingkat kesukaran sedang dan hasil daya pembeda menunjukan soal berkategori baik. Dengan demikian, dari hasil keseluruhan analisis dapat disimpulkan bahwa soal AKM level 6 literasi membaca yang disusun berkategori sangat layak, valid, reliabel, dengan tingkat kesukaran sedang, dan daya pembeda yang baik, sehingga soal siap digunakan dalam evaluasi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307001697 | T91257 | T912572023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available