Skripsi
ANALISIS NILAI KARAKTER SISWA PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING KONTEKS CLIMATE CHANGE MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI SMP
Saat ini pendidikan karakter sangat dibutuhkan terutama bagi siswa dalam membentuk pribadi yang berkualitas. Dalam pembelajaran pendidikan karakter bisa diterapkan melalui pemilihan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang bisa menginterasikan pendidikan karakter ialah model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter siswa pada pembelajaran yang menggunakan model problem based learning konteks climate change materi aritmetika sosial di SMP. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini berfokus pada tiga nilai karakter yaitu rasa ingin tahu, teliti, dan kerja keras. Penelitian ini akan dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu pendahuluan, pelaksanaan, dan analisis. Pada tahap pendahuluan, peneliti menyiapkan instrumen penelitian yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data. Pada tahap pelaksanaan, peneliti mengajar dengan melakukan 3 kali pertemuan dengan siswa menggunakan instrumen yang sudah disusun. Kemudian pada tahap terakhir dilakukan analisis pada hasil tes, hasil observasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter yang paling dominan muncul adalah karakter rasa ingin tahu. Hal ini dikarenakan siswa aktif bertanya kepada teman dan guru serta aktif mencari tahu cara menyelesaikan permasalahan tentang aritmetika sosial. Sedangkan nilai karakter yang jarang muncul adalah karakter teliti. Itu terjadi karena siswa hanya fokus pada apa yang diberikan di sekolah sehingga siswa kurang bisa mengembangkan pemikirannya menggunakan konteks yang lain.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307001459 | T86588 | T865882022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available