The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 21 PALEMBANG

Skripsi

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 21 PALEMBANG

Astuti, Sri - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Kemampuan literasi sains adalah isu yang terus menjadi perhatian dalam dunia pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains aspek kompetensi siswa kelas IX SMP Negeri 21 Palembang. Pengukuran pada aspek kompetensi dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep sains. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deksriptif kuantitatif yang melibatkan 84 orang siswa dari kelas IX.1, IX.6, dan IX.8 sebagai sampel penelitian. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berupa 20 butir soal pilihan ganda beralasan. Pengambilan data dilakukan secara luring dengan membagikan soal kepada maisng-masing siswa di sekolah. Hasil penelitian ini diperoleh siswa dengan kemampuan literasi sains yang tergolong sangat rendah sebanyak 94,05%, kategori rendah sebanyak 5,95%, kategori tinggi sebanyak 0%, dan kategori sangat tinggi sebanyak 0%. Pada masing-masing indikator aspek kompetensi juga diperoleh hasil yang tergolong sangat rendah yaitu menjelaskan fenomena ilmiah dengan persentase tertinggi sebesar 23,909%; mengevaluasi dan merancang pertanyaan ilmiah sebesar 18,25%; dan menafsirkan data dan bukti ilmiah sebesar 20,982%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa secara keseluruhan termasuk kategori sangat rendah. Dengan adanya perhatian yang lebih terhadap aspek kompetensi literasi sains melalui penelitian ini, diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran yang lebih efektif di sekolah.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2307002541T113462T1134622023Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1134622023
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2023
Collation
xii, 97 hlm.; ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.807
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Peserta didik
Prodi Pendidikan Fisika
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
KHARISMA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 21 PALEMBANG
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search