Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 21 PALEMBANG
Kemampuan literasi sains adalah isu yang terus menjadi perhatian dalam dunia pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains aspek kompetensi siswa kelas IX SMP Negeri 21 Palembang. Pengukuran pada aspek kompetensi dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep sains. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deksriptif kuantitatif yang melibatkan 84 orang siswa dari kelas IX.1, IX.6, dan IX.8 sebagai sampel penelitian. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berupa 20 butir soal pilihan ganda beralasan. Pengambilan data dilakukan secara luring dengan membagikan soal kepada maisng-masing siswa di sekolah. Hasil penelitian ini diperoleh siswa dengan kemampuan literasi sains yang tergolong sangat rendah sebanyak 94,05%, kategori rendah sebanyak 5,95%, kategori tinggi sebanyak 0%, dan kategori sangat tinggi sebanyak 0%. Pada masing-masing indikator aspek kompetensi juga diperoleh hasil yang tergolong sangat rendah yaitu menjelaskan fenomena ilmiah dengan persentase tertinggi sebesar 23,909%; mengevaluasi dan merancang pertanyaan ilmiah sebesar 18,25%; dan menafsirkan data dan bukti ilmiah sebesar 20,982%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa secara keseluruhan termasuk kategori sangat rendah. Dengan adanya perhatian yang lebih terhadap aspek kompetensi literasi sains melalui penelitian ini, diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran yang lebih efektif di sekolah.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307002541 | T113462 | T1134622023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available