Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA ASPEK PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI SAINS DI SMP NEGERI 39 OKU
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains di SMP Negeri 39 OKU. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 39 OKU pada semester genap. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 7 soal mengenai materi gelombang dan bunyi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa aspek pengetahuan pada pengetahuan konten berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 55%, pada pengetahuan prosedural berada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 58% dan pengetahuan epistemik berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 53%. Sedangkan kemampuan literasi sains siswa pada aspek kompetensi sains dengan indikator mengidentfikasi isu ilmiah berada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 70%, pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah berada pada kategori sangat rendah dengan persentase sebesar 37%, dan pada indikator menggunakan bukti ilmiah berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 57%. Kata kunci: Literasi Sains, Pengetahuan, Kompetensi Sains, Pembelajaran Fisika
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307002933 | T120264 | T1202642023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available