Skripsi
IMPLEMENTASI METODE USER CENTERED DESIGN PADA PERANCANGAN PROTOTIPE APLIKASI PELAPORAN PAUD DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN MUSI BANYUASIN
Pada tahun 2022/2023 terdata jumlah sekolah PAUD/TK dan PNF diwilayah Musi Banyuasin berjumlah 1.262 sekolah, jumlah sekolah yang semakin banyak tersebut menyebabkan kendala pada proses pelaporan yang masih konvensional. Seperti sering kali terlambat,laporan memakan banyak tempat, data-data yang ada dalam laporan juga sering kali tidak sesuai dengan petunjuk teknis yang berlaku sehingga harus dikembalikan untuk diperbaiki, serta perjalanan yang jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah antarmuka sistem informasi pelaporan paud yang berguna untuk membantu proses pelaporan PAUD di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musi Banyuasin menggunakan metode User-Cenetered Design. Adapun tahapan-tahapan dalam User-Ceneterd Design terdiri dari analisis konteks, penentuan kebutuhan, desain dan evaluasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan melakukan pengujian kegunaan dengan menerapkan System Usability Scale diperoleh nilai akhir yaitu: 86,33 dengan kategori A atau ”excellent” sehingga rancangan prototipe aplikasi yang telah dibuat sangat layak dikembangkan lebih lanjut oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musi Banyuasin.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004238 | T124169 | T1241692023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available