Skripsi
ANALISIS PEMASARAN BUAH-BUAHAN LOKAL PADA TINGKAT PEDAGANG BESAR DI PASAR BUAH JAKABARING KOTA PALEMBANG
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan saluran pemasaran buah-buahan lokal, (2) mengidentifikasi fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang besar buah-buahan lokal, dan (3) menghitung besarnya tingkat keuntungan dan maijin pemasaran yang diperoleh pedagang besar buah-buahan local di Pasar Buah Jakabaring Kota Palembang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2009 di Pasar Buah Jakabaring Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Metode ini dilakukan dengan cara mendatangi dan mewawancarai secara langsung terhadap pedagang contoh yang menjadi sampel penelitian. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah metode acak berlapis tak berimbang dengan mengambil sampel 23 sampel dari 64 pedagang besar di Pasar Buah Jakabaring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran buah-buahan local yang terbentuk yaitu dimulai dari petani produsen ke pedagang pengumpul kemudian melalui pedagang besar lalu ke pedagang pengecer dan akhirnya sampai ke tangan konsumen. Penyaluran buah ini tidak selalu mengikuti saluran ini, ada Lembaga pemasaran ini yang memotong rantai untuk memperoleh harga yang sesuai. Selain itu dapat diketahui juga bahwa pada masing-masing lapisan fungsi-fungsi pemasaran hampir seluruhnya telah dilakukan oleh pedagang besar. Kecuali untuk pedagang yang menggunakan sistem komisi fungsi pembelian tidak dapat dilakukan. Fungsi pemasaran yang tidak dilakukan oleh sebagian besar pedagang hanya fungsi pengolahan. Rata-rata tingkat keuntungan yang tertinggi diterima oleh pedagang besar yang menjual lebih dari dua komoditi yaitu sebesar Rp35.535.084,00 per bulan dengan rata-rata R/C 2,55. Sedangkan, rata-rata tingkat keuntungan terkecil diperoleh pada pedagang besar yang menjual satu komoditi yaitu sebesar Rpl3.870.806,82 per bulan dengan rata-rata R/C 1,24. Rata-rata marjin pemasaran yang tertinggi diperoleh pada pedagang besar yang menjual lebih dari dua komoditi yaitu sebesar Rp 952,48 per kg. Sedangkan rata-rata maijin pemasaran yang terendah terdapat pada pedagang besar yang menjual dua komoditi yaitu sebesar Rp746,76 per kg. erdasarkan komoditi buah-buahan lokal yang dijual diketahui bahwa secara umum pedagang besar yang menjual buah lokal lebih dari dua komoditi memberikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan pedagang yang menjual hanya satu komoditi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0907000959 | T94746 | T947462009 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available