The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran SQ3R pada siswa kelas 5 SD Negeri 157 Palembang

Text

Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran SQ3R pada siswa kelas 5 SD Negeri 157 Palembang

Syafarudin - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 157 Palembang pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model SQ3R. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 157 Palembang pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 157 Palembang yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 19 perempuan. Dari data awal pra siklus diketahui 50,5% siswa yang mencapai ketuntasan. Hasil penelitian yang dicapai siswa pada siklus I pertemuan pertama adalah 54,5%, siklus I pertemuan kedua adalah 69,7% dan siklus II pertemuan pertama adalah 78,8%, siklus II pertemuan kedua adalah 90,9%. Rata-rata keaktifan klasikal siswa siklus I pertemuan pertama adalah 69,7%, siklus I pertemuan kedua 73,3%, siklus II pertemuan pertama 80,6%, siklus II pertemuan kedua 85,5%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 157 Palembang. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar guru menggunakan model SQ3R sebagai salah satu alternatif yang digunakan dalam proses pembelajaran.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372.807 Sya p 2014
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Collation
viii, 70 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.807
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
Metode Belajar
Model SQ3R.
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search