Text
Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran SQ3R pada siswa kelas 5 SD Negeri 157 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 157 Palembang pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model SQ3R. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 157 Palembang pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 157 Palembang yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 19 perempuan. Dari data awal pra siklus diketahui 50,5% siswa yang mencapai ketuntasan. Hasil penelitian yang dicapai siswa pada siklus I pertemuan pertama adalah 54,5%, siklus I pertemuan kedua adalah 69,7% dan siklus II pertemuan pertama adalah 78,8%, siklus II pertemuan kedua adalah 90,9%. Rata-rata keaktifan klasikal siswa siklus I pertemuan pertama adalah 69,7%, siklus I pertemuan kedua 73,3%, siklus II pertemuan pertama 80,6%, siklus II pertemuan kedua 85,5%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 157 Palembang. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar guru menggunakan model SQ3R sebagai salah satu alternatif yang digunakan dalam proses pembelajaran.
No copy data
No other version available