Skripsi
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MATERI FASE BULAN DILENGKAPI TEKS SANGGAHAN UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI DAN MENINGKATKAN KONSEP MAHASISWA PADA MATA KULIAH IPBA
Telah berhasil dikembangkan bahan ajar digital materi fase bulan dilengkapi teks sanggahan untuk mengatasi miskonsepsi dan meningkatkan konsep mahasiswa pada mata kuliah IPBA yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan (Depelopment Research). Aspek yang diamati dari produk yang dihasilkan merupakan kevalidan dan kepraktisan pembelajaran bahan ajar digital. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembang Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi, peneliti menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari beberapa tahap yaitu self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Berdasarkan hasil tahapan expert review didapatkan presentase keseluruhan hasil validasi ahli yaitu sebesar 94,5% dengan kategori sangat valid. Dari tahap one to one evaluation diperoleh sebesar 78,5% dengan kategori praktis. Kemudian, dari hasil small group evaluation diperoleh presentase HEOS dari prototipe II sebesar 81,4% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar digital untuk mahasiswa mata kuliah IPBA. Kata Kunci: Bahan ajar digital, miskonsepsi, penelitian pengembangan, teks sanggahan
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004398 | T95001 | T950012023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available