Skripsi
IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KELAS IX PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam menjawab soal berkonsep, matematis dan verbal dalam konteks pembelajaran fisika materi listrik dinamis kelas IX di Sekolah Menengah Pertama 3 Gelumbang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan data dikumpulkan mealui tes uraian dengan total enam soal dengan pembagian dimana dua soal tentang konsep, dua soal tentang matematis dan 2 soal terkait masalah verbal. Soal tes diberikan kepada seluruh siswa kelas IX SMP 3 Gelumbang, sebanyak 63 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesulitan tertinggi siswa dalam menjawab soal terdapat pada soal memahami masalah verbal yaitu sebesar 79,5% termasuk kategori tingkat kesulitan tinggi, sedangkan kesulitan terendah terdapat pada soal menerapkan konsep yaitu sebesar 27,75% termasuk kategori tingkat kesulitan rendah. Lalu untuk indikator kesulitan dalam menggunakan matematika sebesar 43% termasuk kategori tingkat kesulitan sedang. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam perbaikan pembelajaran fisika di sekolah. Temuan ini dapat digunakan sebagai acuan bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan mendukung siswa dalam mengatasi kesulitan dalam menjawab soal fisika. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi dasar untuk pengembangan program remidial atau bimbingan belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307002791 | T122832 | T1228322023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available