The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of  IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KELAS IX PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Skripsi

 IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KELAS IX PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Faradisa, Khairunnastuti - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam menjawab soal berkonsep, matematis dan verbal dalam konteks pembelajaran fisika materi listrik dinamis kelas IX di Sekolah Menengah Pertama 3 Gelumbang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan data dikumpulkan mealui tes uraian dengan total enam soal dengan pembagian dimana dua soal tentang konsep, dua soal tentang matematis dan 2 soal terkait masalah verbal. Soal tes diberikan kepada seluruh siswa kelas IX SMP 3 Gelumbang, sebanyak 63 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesulitan tertinggi siswa dalam menjawab soal terdapat pada soal memahami masalah verbal yaitu sebesar 79,5% termasuk kategori tingkat kesulitan tinggi, sedangkan kesulitan terendah terdapat pada soal menerapkan konsep yaitu sebesar 27,75% termasuk kategori tingkat kesulitan rendah. Lalu untuk indikator kesulitan dalam menggunakan matematika sebesar 43% termasuk kategori tingkat kesulitan sedang. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam perbaikan pembelajaran fisika di sekolah. Temuan ini dapat digunakan sebagai acuan bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan mendukung siswa dalam mengatasi kesulitan dalam menjawab soal fisika. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi dasar untuk pengembangan program remidial atau bimbingan belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2307002791T122832T1228322023Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1228322023
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2023
Collation
x, 33 hlm.; ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.307
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Media Pembelajaran
Prodi Pendidikan Fisika
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
KHARISMA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KELAS IX PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search