Skripsi
ANALISIS KONTEN LITERASI SAINS PADA BUKU AJAR MATA PELAJARAN IPA SMA KELAS X PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN
Buku pelajaran memegang peranan penting dalam proses pembelajaran, kurikulum dan instruksi pembelajaran terutama di negara berkembang. Buku pelajaran dijadikan sumber utama untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal literasi sains. Kemampuan literasi sains siswa masih berada di bawah standar PISA (Programme for International Student Assessment). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cakupan ruang lingkup literasi sains yang terdapat pada buku pelajaran IPA SMA Kelas X Kurikulum Merdeka Belajar. Berdasarkan data analisis yang telah diperoleh, persentase kemunculan kategori untuk aspek konsep yaitu 54,12 % dengan jumlah kemunculan sebanyak 124 kategori sangat baik, untuk aspek proses sains diperoleh 23,61 % dengan jumlah kemunculan sebanyak 54 kategori cukup baik dan untuk aspek konteks sains diperoleh nilai sebesar 22,27 % dengan jumlah kemunculan sebanyak 51 kategori cukup baik. Dengan adanya hasil tersebut, menunjukkan bahwa buku pelajaran IPA SMA kelas X kurikulum merdeka belajar sudah cukup baik dalam hal konten literasi sains. Dimana pada materi energi terbarukan ini sudah cukup memenuhi indikator literasi sains menurut PISA. Secara keseluruhan konten yang terkandung di dalam materi sudah cukup seimbang pada aspek literasi sains yang ada. Dengan adanya perwakilan ketiga indikator literasi sains tersebut, buku ini dapat dikatakan telah mewakili literasi sains secara utuh namun tidak sempurna karna tidak proporsional sesuai standar yang diminta oleh PISA.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000211 | T85893 | T858932023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available