Skripsi
KETERAMPILAN MENJELASKAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA : ANALISIS VIDEO MICRO TEACHING
ABSTRAK Tantangan terberat sebagai guru adalah keterampilan mengajar terutama keterampilan menjelaskan. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran keterampilan menjelaskan mahasiswa pendidikan fisika melalui pembelajaran micro teaching pada mahasiswa semester VI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran keterampilan menjelaskan mahasiswa pendidikan fisika universitas sriwijaya. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di FKIP Universitas Sriwijaya. Penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, lalu menganalisis dan membuat kesimpulan dari video micro teaching secara alami dengan menggunakan instrumen Reformed Teaching Observation Protocol (RTOP) dan Alat Penilaian Keterampilan Guru (APKG). Data dikumpulkan dari 40 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah pembelajaran mikro. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata waktu menjelaskan mahasiswa adalah kurang lebih 9 menit. keterampilan menjelaskan dibagi menjadi 3 komponen yaitu kejelasan materi, isi/pengetahuan proposisional, dan budaya kelas/hubungan siswa dan guru. Keterampilan menjelaskan mahasiswa keseluruhan termasuk kategori baik sebesar 51,75%. Persentase tertinggi pada subkomponen pertama yaitu mahasiswa menggunakan bahasa yang mudah dimengerti saat menjelaskan dengan persentase 50% sangat baik, subkomponen kedua yaitu mahasiswa memiliki pemahaman yang kuat tentang isi materi pelajaran dengan persentase 47,5% sangat baik, dan subkomponen ketiga yaitu partisipasi aktif siswa didorong dan dihargai dengan persentase 52,5% sangat baik. Subkomponen yang paling rendah adalah guru menggunakan media atau alat praga untuk membantuk menjelaskan kepada siswa sebesar 27,5% dengan kategori sangat kurang baik. Kata Kunci : Keterampilan menjelaskan, Micro Teaching, Analisis Konten
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000105 | T85559 | T855592023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available