The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh pembelajaran berbasis konstruktivisme terhadap kemampuan siswa memecahkan masalah matematika di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu

Text

Pengaruh pembelajaran berbasis konstruktivisme terhadap kemampuan siswa memecahkan masalah matematika di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu

Desi Arisandi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran berbasis konstruktivisme terhadap kemampuan siswa memecahkan masalah matematik di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Pretest-posttest Control Group. Rancangan ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran berbasis konstruktivisme, sedangkan di kelas kontrol pembelajarannya dilakukan seperti biasa. Pengumpulan data berupa pretest dan posttest dengan
instrument tes soal pemecahan masalah. Selisih dari kedua data tersebut dianalisis dengan menggunakan student test (uji t) untuk melihat ada tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis konstruktivisme terhadap kemampuan siswa memecahkan masalah matematik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai, sedangkan nilai . Dengan demikian , sehingga ditolak dan berarti diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran berbasis konstruktivisme terhadap kemampuan siswa memecahkan masalah matematik di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu, hal ini dapat dilihat juga pada rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 67 sedangkan kelas kontrol nilai rata-ratanya 49


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
510.7 Des p 2013
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Collation
viii, 77 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
510.7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
konstruktivisme
pengaruh
Mematuhi - pembelajaran
memecahkan masalah
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search