Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PHET SIMULATION BERBENTUK WEB PADA MATERI ELASTISITAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Telah dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis phet simulation berbentuk web pada materi elastisitas dan hukum Hooke dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pemebelajaran berbasis phet simulation berbentuk web yang valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer yang meliputi self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Jumlah responden yang mereview media pembelajaran ini meliputi dua orang pakar, empat siswa uji one to one evaluation dan duapuluh orang uji small group evaluation. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode walkthrough dan angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran diperoleh dari validator I dan validator II dengan tiga komponen yakni pada komponen isi diperoleh sama besar dengan persentae 83,3%, pada komponen kebahasaan 90% Adapun pada komponen desain untuk validator I sebesar 90% dan validator II sebesar 95%. Untuk uji kepraktisan media pembelajaran ditinjau dari pengisian angket yang dilakukan oleh siswa pada saat one to one evaluation dengan persentase 79.41% dengan kategori praktis. Hasil dari uji kepraktisan pada small group evaluation dan didapat persentase 81.76% dengan kategori praktis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000854 | T86612 | T866122023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available