Skripsi
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMA PGRI 2 PALEMBANG
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global di SMA PGRI 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berbentuk soal essai yang masing-masing indikator nya sesuai dengan teori indikator menurut Ennis. Populasi yang dilakukan pada penelitian ini adalah SMA PGRI 2 Palembang dan sampel yang diteliti adalah kelas XII-IPA 3 dan XII-IPA 4 yang berjumlahkan 64 siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global di SMA PGRI 2 Palembang adalah sebesar 50,6 % (kategori sedang). Serta dapat dilihat dari tipe soal berpikir kritis pada indikator analisis persentase yang di dapatkan 73 % (kategori sedang) , tipe soal berpikir kritis pada indikator interpretasi persentase yang di dapatkan 53 % (kategori sedang) , tipe soal berpikir kritis pada indikator argument persentase yang di dapatkan 64 % (kategori sedang). Akan tetapi pada tipe soal indikator berpikir kritis evaluasi persentase yang di dapatkan 40 % (kategori rendah) dan pada tipe indikator berpikir kritis strategi persentase yang di dapatkan 23 % (kategori rendah). Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran agar sekolah dapat lebih menekankan kemampuan berpikir kritis siswa terutama dalam indikator strategi/taktik. Kata Kunci : Analisis Kemampuan, Berpikir Kritis, Pemanasan Global
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T858392023 | T85839 | T858392023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available