The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KEKERASAN SIMBOLIK di SEKOLAH, Sebuah Ide Sosiologi Pendidikan Pierre Bourdieu

Text

KEKERASAN SIMBOLIK di SEKOLAH, Sebuah Ide Sosiologi Pendidikan Pierre Bourdieu

Martono, Nanang - Personal Name; Tri Utami, Santri Pratiwi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Bourdieu, seorang sosiolog Prancis meyakini bahwa sekolah merupakan tempat yang paling tepat untuk menyuburkan terjadinya praktik-praktik kekerasan simbolik. Kekerasan simbolik bukanlah kekerasan fisik maupun psikologis. Bila kedua bentuk kekerasan ini wujudnya dapat dengan mudah dikenali, maka kekerasan simbolik sangat sulit dikenali. Kekerasan simbolik seringkali dianggap sebagai gejala yang sangat wajar, sehingga sebagian besar orang akan menerima begitu saja dan seolah-olah bersedia menempatkan diri mereka sebagai korban kekerasan simbolki dengan lapang, rela menjadi objek dan korban kekerasan. Pendidikan hakikatnya bertujuan untuk membangun kesadaran kritis bagi peserta didik. Pendidikan juga dimaknai sebagai proses mengubah perilaku sehingga indikator keberhasilan prosespendidikan harus dilihat dari sisi perubahan tersebut, sekecil apapun bentuk perubahan tersebut. Bila siswa dari kelas bawah setiap saat dipaksa untuk mempelajari berbagai habitus kelas atas, mereka akan memimpikan hidup seperti kelas atas. Kekerasan simbolik terjadi di dalam kelas. Tanpa sadar, siswa kelas bawah dijadikan korban dominasi, korban penindasan kelas atas secara simbolis, Seringkali mereka tidak sadar ketika sebenarnya mereka hanya menjadi objek belas kasihan kelas dominan. Satu hal yang harus dipahami adalah latar belakang sosial dan ekonomi siswa sangat beragam. Untuk itu contoh-contoh dalam bentuk cerita dan gambar seharusnya mengakomodasi keberagaman latar belakang tersebut.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2201044777B49157A370.19 Mar k 2018Faculty of Medicines (Ruang Baca Fakultas Kedokteran Madang)Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
370.19 Mar k
Publisher
Depok : Rajawali Pers., 2018
Collation
xxviii, 240hlm.; 24cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-769-472-2
Classification
370.19
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
1
Subject(s)
Sosiologi Pendidikan
Pierre Bourdieu
Kekerasan Simbolik
Specific Detail Info
3
Statement of Responsibility
Jp'K
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search