Skripsi
ANALISIS KINERJA KELEMBAGAAN KOPERASI PETANI KOPI DI DESA SIPATUHU KECAMATAN BANDING AGUNG KABUPATEN OKU SELATAN
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kinerja kelembagaan koperasi petani kopi jika dilihat dari aspek manajemen, pola hubungan, dan efisiensi pemasaran,(2) mendeskripsikan kekuatan dan kelemahan kelembagaan koperasi petani kopi dan (3) mendeskripsikan strategi-strategi yang dapat meningkatkan kelembagaan koperasi petani kopi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Penelitian ini telah dilaksanakan di Koperasi Unit Desa Karya Utama di Desa Sipatuhu Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan pada bulan Juni 2005. Pemilihan Desa dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan Desa Sipatuhu adalah salah satu penghasil kopi terbesar di Kecamatan Banding Agung, OKU Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Penarikan sampel lembaga yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode sensus, dan untuk penarikan sampel petani dilakukan secara kebetulan (Accidental) pada 30 orang petani kopi yang menjadi anggota Koperasi Unit Desa Karya Utama. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kineija kelembagaan koperasi petani kopi (KUD Karya Utama) berdasarkan aspek manajemen, pola hubungan, dan efisiensi pemasaran rata-rata lemah. Kekuatan yang ada di KUD Karya Utama adalah tersedianya mesin dan alat pengolahan kopi dan tenaga keija yang terlatih dan berpengalaman dalam pengolahan kopi asalan menjadi kopi bubuk, kopi ginseng dan kopi pinang. Kelemahan yang ada di KUD Karya Utama adalah manajemen kepengurusan yang tidak terkoordinir dengan baik yang menyebabkan program keija KUD tidak beijalan. Strategi utama yang sebaiknya diterapkan untuk menghadapi kelemahan dan ancaman dengan memanfaatkan kekuatan guna merebut peluang adalah : 1. Memberikan penyuluhan dan anjuran kepada petani untuk kembaliakif berpartisipasi di KUD. 2. Memperbaiki kinerja pengurus KUD. 3. Sosialisasi peran KUD. 4. Meningkatkan pelayanan KUD.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0507001921 | T101881 | T1018812005 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available