Skripsi
GASTRODIPLOMASI DAN DAMPAKNYA BAGI INDUSTRI MAKANAN DI JEPANG
Jepang merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alam sehingga mampu memenuhi kebutuhan pangan baik itu domestic maupun internasional. Dengan menggunakan makanan, Jepang jepang merubah perspektif dunia tentang jepang yang awalnya materialistik menjadi negara yang cinta damai. Washoku sebagai wujud makanan khas yang telah dikenal seluruh dunia setelah terdaftarnya di UNESCO (United nations Educational, scientific dan cultural) pengakuan atas warisan budaya jepang yaitu washoku sebagai warisan budaya tak benda dan diatur oleh pemerintah jepang dibawah departemen pertanian, kehutanan dan perikanan jepang. Jepang dalam menjalankan diplomasi publik yaitu dalam meningkatkan industry makanannya. Penelitian ini membahas bagaimana peran JETRO (japan external trade organization) organisasi non profit yang berusaha untuk mempromosikan kuliner tradisional jepang ke dunia internasional serta meningkatkan ekspor produk jepang sehingga meningkatkan perekonomian. Penelitian ini menggunkan konsep gastrodiplomasi yang dikemukakan oleh Paul Rockwer yaitu national brand, awareness product campaign dan economic investment and trade. Metode penelitian yait ukualitatif, Sumber data yang dikumpulkan adalah data sekunder berupa artikel, buku jurnal, website resmi,dan laporan-laporan resmi pemerintah jepang. Teknik pengumpulandata yaitu dengan cara dokumentasi hasil dari penelitian ini yaitu jepang menjalankan gastrodiplomasinya jepang menjalankan gastrodiplomasi dengan menggunakan washoku yangtujuannya untuk menjadikan persepsi dunia sebagai negara yang mempunyai citra yang positif melalui kuliner. Jepang melibatkan aktor non negara seperti organisasi non profit seperti JETRO (japan external trade organization) yang bertugas Mempromosikan FDI ke jepang, Memperkuatkerjasama dengan pemerintah, Mendukung ekspor produk dan pangan pertanian, kehutanan, danperikanan jepang, kontribusi pada aktivitas dan kebijakan perdagangan perusahaan jepangmelalui survei dan penelitian serta JFOODO (the japan food product overseas promotion center) bertujuan untuk meningkatkan ekspor produk pertanian, kehutanan perikanan,dan makananjepang dengan memberikan merek dan mempromosikan ke seluruh dunia untuk meningkatkannational brand awareness. Dengan serangkaian aktifitas tersebut telah memberikan perkembangan bagi industry makanan jepang melalui kegaiatan investasi dan perdagangan. kata kunci: Diplomasi publik, gastrodiplomasi,industry makanan, jepang
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307006685 | T131882 | T1318822023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available