Text
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Anak Usia Dini
Usia dini merupakan masa keemasan (the golden age) dalam rentang kehidupan manusia. Oleh sebab itu, memahami perkembangan anak usia dini merupakan kewajiban yang utama bagi orang tua, guru, dan masyarakat yang terlibat dalam pendidikan, pelayanan, dan pengasuhan anak usia dini. Rasulullah SAW bersabda, “Tiada pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya melainkan pendidikan yang baik” (HR.Baihaqi). Pendidikan yang baik hanya dapat diberikan orang tua atau guru jika sesuai dengan perkembangan anak. Di dalam Islam ada satu kaidah pendidkan yaitu : “Bicaralah dengan manusia sesuai kadar kemampuan akalnya”. Perkembangan anak usia dini mencakup berbagai aspek. Secara umum, perkembangan anak usia dini mencakup perkembangan fisik, sosial, emosi, dan kognitif. Menjadi seorang pendidik murni yang efektif bukanlah hal yang mudah.Guru harus menguji kembali soal pemberiannya, menciptakan konflik kognitif di dalam kelas, dan menstimulasi perspektif sosial yang diambil siswa. Perkembangan moral adalah pertumbuhan perilaku dan kesesuaian afektif terhadap peraturan lebih dari sekedar perubahan struktur kognitif. Motivasi dasar moralitas pada setiap perkembangan motivasi berakar pada pada kebutuhan biologis atau mengejar ganjaran sosial dan menghindari hukuman sosial. Metode ajaran yang ideal (precept-ideal method) dilakukan dengan cara guru atau orang tua menunjukkan perilaku yang baik di hadapan anak.
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2201044848 | B48266A | 155.42 Sit p 2017 | Faculty of Medicines (Ruang Baca Fakultas Kedokteran Madang) | Available |
No other version available