Skripsi
PERILAKU KOMUNIKASI KEGIATAN JUAL BELI TERNAK SAPI DI PASAR TERNAK KELURAHAN SUNGAI PINANG KECAMATAN SUNGAI PINANG KABUPATEN OGAN ILIR
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengungkapkan sejarah dan aktivitas pemasaran di pasar temak Kelurahan Sungai Pinang, 2) mengungkapkan perilaku komunikasi dalam kegiatan jual beli temak sapi di pasar temak Kelurahan Sungai Pinang, 3) mengungkapkan kegiatan komunikasi pemasaran di pasar temak Kelurahan Sungai Pinang. Penelitian ini dilaksanakan di pasar temak Kelurahan Sungai Pinang Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir pada bulan Maret sampai April 2011. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologi (fenomenology). Pemilihan informan dilakukan secara sengaja, yang terbagi menjadi informan kunci adalah ljpetemak sekaligus penjual, 2) penjual , 3) Pembeli, 4) calo / perantara. Sedangkan informan pendukung adalah pengelola pasar temak dan instansi terkait. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dengan cara melakukan pengamatan dan wawancara mendalam dengan informan kunci dan informan pendukung. Data sekunder dalam penelitian ini meliputi catatan harian, rekaman wawancara, dan foto-foto saat penelitian berlangsung. Sumber-sumber yang berhubungan dengan penelitian ini, berupa monografi dan topografi kecamatan, studi pustaka serta data lain yang menunjang penelitian ini. Sejarah pasar ternak Kelurahan Sungai Pinang diawali dengan Pasar ternak yang ada di Kecamatan Tanjung Raja. Kemudian pasar ternak tersebut pindah ke Kelurahan sungai Pinang. Tanggal 1 Januari 2009 pasar ternak Kelurahan Sungai Pinang mulai dibuka. Selain sebagai tempat berkumpulnya para peternak yang melakukan kegiatan jual beli, aparat pemerintahan dari Puskeswan melakukan pengecekan langsung terhadap ternak yang ada di pasar ini. Aktivitas jual beli ternak sapi di pasar ternak Kelurahan Sungai Pinang teijadi pada hari kalangan yakni hari Rabu dan Minggu. Keadaan pasar akan terlihat lebih ramai pada saat menjelang hari raya Idul Adha dan Idul Fitri. Perilaku komunikasi jual beli ternak di pasar ternak Kelurahan Sungai Pinang, terdapat tujuh hal yakni: rutinitas pasar ternak, pemilihan ternak, transaksi jual beli ternak sapi dilakukan dengan bantuan calo dan tanpa calo, penafsiran harga jual sapi potong biasanya dilakukan dengan cara tafsir, proses jual beli ternak sapi berawal dari pemilihan sapi sampai membayar retribusi, kesepakatan jual beli sapi biasanya melalui komunikasi verbal dan nonverbal, alas an pemilihan pasar ternak sebagai tempat jual beli disebabkan karena pembeli lebih praktis dan dapat memilih ternak sesuai yang diinginkan. Kegiatan pemasaran yang dilakukan peternak yakni memasarkan sendiri ternaknya dengan membawa kepasar ternak.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1107002096 | T101038 | T1010382011 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available