Skripsi
ANALISIS PEMASARAN KARET (Hevea brasiliensis) di DESA PAYAKABUNG KECAMATAN INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan saluran pemasaran slab karet di Desa Payakabung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (2) Mendeskripsikan struktur pasar pada pemasaran slab karet di Desa Payakabung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (3) Menghitung tingkat efisiensi pemasaran yang dilihat dari margin pemasaran, keuntungan pemasaran, bagian yang diterima petani (Farmer’s share) dan bagian yang diterima pedagang (Trader’s share) di Desa Payakabung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Pengambilan data dilokasi penelitian ini dilaksanakan di Desa Payakabung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir pada bulan Juni 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Metode ini dilakukan dengan cara mendatangi langsung ke lokasi penelitian serta melakukan wawancara kepada petani dan lembaga pemasaran. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah metode penarikan secara sengaja (purposive sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran slab karet di Desa Payakabung. Saluran pemasaran I dari petani ke pedagang pengumpul, kemudian pedagang besar, selanjutnya pedagang besar menjual slab karet ke pabrik ABP (Aneka Bumi Pratama) di Gandus Palembang. Saluran pemasaran II dari petani ke pedagang besar kemudian pedagang besar menjual slab karet ke pabrik PAN (Prasidha Aneka Niaga) di Kertapati Palembang. Struktur pasar yang ada di Desa Payakabung yaitu termasuk oligopsoni. Ratarata biaya pemasaran yang paling besar dikeluarkan oleh pedagang pengumpul pada saluran pemasaran I yang memasarkan slab ke pabrik pengolahan karet di Gandus Palembang dengan biaya pemasaran sebesar Rp 51.613.968,75/bln. Rata-rata margin pemasaran terbesar ditunjukkan oleh pedagang pengumpul pada saluran pemasaran I yang tujuan pemasaran slab ke pabrik A BP di Gandus Palembang sebesar Rp 6.004,17/kg. Rata-rata keuntungan pemasaran terbesar diperoleh oleh pedagang pengumpul pada saluran pemasaran I yang miliki tujuan pemasaran ke pabrik Aneka Bumi Pratama (ABP) di Kertapati Palembang adalah sebesar Rp 1.858,47/kg. Rata-rata bagian yang diterima petani terbesar adalah 70,74 persen, dimana petani tersebut menjual slab kepada pedagang pengumpul pada saluran pemasaran II yang memiliki tujuan pemasaran ke pabrik Prasidha Aneka Niaga (PAN) di Kertapati Palembang. Rata-rata bagian yang diterima pedagang pengumpul (trader’s share) pada saluran pemasaran I dan saluran pemasaran II sama adalah 100,00 persen yang artinya bahwa sebesar 100,00 persen bagian yang diterima pedagang pengumpul. Nilai efisiensi pemasaran pedagang pengumpul pada saluran pemasaran I dan II tergolong efisien yaitu 22,26 persen dan 20,87 persen.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1307001395 | T106513 | T1065132013 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available