The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of STRATEGI PETANI DALAM MEMASARKAN PRODUKSI PADI LEBAK DI DESA TALANG BALAI BARU II KECAMATAN TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR

Skripsi

STRATEGI PETANI DALAM MEMASARKAN PRODUKSI PADI LEBAK DI DESA TALANG BALAI BARU II KECAMATAN TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR

Putri, Dian Desiria - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini mengkaji mengenai “Strategi Petani Dalam Memasarkan Produksi Padi Lebak di Desa Talang Balai Baru II Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami dan menganalisis strategi pemasaran produksi padi lebak yang ada di Desa Talang Balai Baru II. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, sementara jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 9 informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Strategi Bauran Pemasaran dari Kotler dan Keller yang dikenal dengan konsep 4P (product, price, place, and promotion). Hasil penelitian menemukan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh masyarakat di Desa Talang Balai Baru II sudah sesuai dengan konsep 4P yang dikemukakan sebelumnya, yaitu pertama produk yang dijual ke pasar merupakan hasil panen terbaik yang dimiliki oleh petani di desa tersebut. Kedua, walaupun harga yang ditawarkan oleh pembeli relatif rendah saat panen, petani tetap menjual hasil panen mereka dengan tujuan untuk membayar biaya sewa sawah, bertahan hidup dan persiapan untuk penanaman padi di tahun selanjutnya. Ketiga, petani menjual hasil panen di tempat tedekat, mudah dan terjangkau. Keempat, petani melibatkan pemerintah desa untuk menginformasikan kepada pembeli yang dalam hal ini pihak pabrik. Sementara kendala yang dihadapi petani dalam memasarkan produksi padi lebaknya itu sendiri yaitu, pertama minimnya kendaraan pengangkut padi lebak yang membuat petani hanya bisa bergantung pada pihakpabrik. Kedua, minimnya jaringan pemasaran padi lebak yang secara tidak langsung membuat petani menjual hasil panen mereka ke pihak pabrik masyarakat sekitar. Ketiga, harga beli padi relatif rendah saat panen. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Petani, Produksi, Padi Lebak


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2307006211T129904T1299042021Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1299042021
Publisher
Inderalaya : Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya., 2023
Collation
xiv, 130 hlm.; Ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
380.072 07
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Jurusan Sosiologi
Metode Riset Penelitian Perdagangan
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
SEPTA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • STRATEGI PETANI DALAM MEMASARKAN PRODUKSI PADI LEBAK DI DESA TALANG BALAI BARU II KECAMATAN TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search