Skripsi
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA MADRASAH ALIYAH NURUL ULA BURAI TANJUNG BATU OGAN ILIR
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa MA Nurul Ula Burai Tanjung Batu. Metode penelitian yang digunakan adalam metode asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian yaitu kelas X 18 siswa dan XI berjumlah 11 siswa yang keseluruhan totalnya 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dengan model skala guttman dan likert, wawancara, serta dokumentasi. Validitas instrumen dilakukan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampel jenuh yaitu dengan menggunakan keseluruhan jumlah populasi sebanyak 29 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data tingkat pendidikan orang tua yang diperoleh dikategorikan sedang dengan persentase 60% dan motivasi berprestasi dikategorikan cukup dengan persentase 69%. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji-t di peroleh thitung ≥ ttabel yaitu 16,18 ≥ 1,703 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian dengan uji korelasi product moment didapat nilai r = 0,9521 dengan kategori sangat mempengaruhi. Koefesien determinan menunjukan sumbangan tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa sebesar 90,64% dan dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kedua variabel antara tingkat pendidikan orang tua dan motivasi berprestasi siswa di MA Nurul Ula Burai Tanjung Batu Ogan Ilir adalah signifikan. Berdasarkan penelitian ini diharapkan orang tua dapat untuk lebih memperhatikan pendidikan anaknya, agar lebih diberikan motivasi ketika belajar dirumah sehingga dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Kata-kata kunci : Tingkat pendidikan, motivasi berprestasi
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000710 | T88132 | T881322022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available